Posted by : Unknown Senin, 27 Januari 2014

Assalamu’alaikum sahabat pembaca yang baik hatinya, bagaimana suasana hari ini sahabat? Semangat? Alhamdulillah… yang penting tetap syukur yah?

Sahabat, pernahkah bertanya pada anak kecil tentang pertanyaan-pertanyaan yang kita anggap sangat mudah? Contohnya kita bertanya pada anak yang berusia TK tentang rukun Islam dengan pertanyaan “Dik, sebutkan rukun Islam dong…bisa kan?” Yah, pertanyaannya memang sebenarnya cukup mudah tapi belum tentu mereka bisa jawab. Padahal mungkin juga mereka sebenarnya sudah hafal. Tapiiiii…dengan cara yang lain kita menanyakannya misalnya “Dik, nyanyian Rukun Islam apal kan? Coba kakak mau dengar dong…” Kalo dah gitu bukan tidak mungkin si anak langsung jawab “Rukun Islam yang limaaaa… Syahadad Shalat Puasaaa…Zakat untuk si Papa… Haji bagi yang kuasa…” intinya, bagaimana kita bertanya itu akan berpengaruh bisa dan tidaknya si anak akan menjawab.


Nah, sahabat pembaca yang baik hatinya, yang saya sebutkan tadi hanyalah salah satu contoh saja yang menggambarkan bahwa cara belajar anak membutuhkan media, yang biasanya bisa berbentuk audio ataupun visual. Nyanyian, gambar-gambar, warna, model, alat peraga, benda atau makhluk hidup dan lain sebagainya adalah contoh-contoh media yang bisa kita gunakan untuk mengajarkan sesuatu hal untuk anak. Selain menarik, anak juga akan lebih mudah memahami apa yang ingin kita sampaikan.


Sahabat pembaca yang baik hatinya, ternyata metode belajar dengan menggunakan media seperti itu tidak hanya efektif untuk anak-anak kecil pra sekolah / TK saja, melainkan sekarang ini sudah dikembangkan untuk anak-anak sekolah dasar dan tingkat di atasnya pun bisa menggunakan metode atau cara belajar tersebut. Pernah dengar istilah “MIND MAP” yapz, itu adalah salah satu teknik belajar mencatat yang lebih kreatif yang dimaksudkan untuk lebih mudah mengingat dan menghafalkan materi belajar. Dengan kombinasi berbagai unsur seperti garis, gambar, symbol, warna, kata-kata kunci yang menarik, membuat metode ini cukup popular dan menarik untuk di terapkan.


So, sahabat pembaca yang baik hatinya, mari, kita coba memberikan cara-cara yang lebih mudah dipahami dalam mengajarkan sesuatu untuk anak-anak kita, tidak cukup hanya mudah saja, tetapi juga menyenangkan, karena, menyenangkan adalah salah satu hal yang membuat sesuatu akan terasa menjadi lebih mudah. Sekian…


Saya : 100% Kak Wall

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -