Posted by : Unknown Kamis, 26 September 2013

Assalamu’alaikum sahabat pembaca yang baik hatinya, bagaimana kabar sahabat hari ini? Semoga senantiasa ceria selalu. Lho, kenapa harus ceria? Yupz, dengan ceria, Insya’ Allah jadi makin semangat kita menjalankan amanah-amanah kita di muka bumi ini. Dan tentunya, siapapun yang kita temui juga akan senang dengan ekspresi ceria kita kan?

Sahabat pembaca yang baik hatinya, kemarin saya sempat menjadi narasumber dalam sebuah acara dialog di sebuah stasiun radio, dalam acara itu saya membawakan tema tentang mendidik dengan bercerita. Nah, dalam acara tersebut ada seorang bapak yang bertanya “Di tengah perkembangan teknologi yang makin maju seperti saat ini, apakah masih Relevan mendidik dengan metode Cerita? Padahal anak-anak sekarang mainannya sudah GadGet, Laptop, Android, game On Line dll.” Bagi saya pertanyaan ini cukup menarik, karena bisa jadi ini memang mewakili pertanyaan pertanyaan mayoritas dari kita.

Sahabat pemabaca yang baik hatinya, seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat adanya. Yang siapa saja dapat menikmati, tidak pandang dari anak-anak sampai dewasa. Maka, wajar saja kalau orang tua ataupun pendidik mempertanyakan “Apakan masih relevan mendidik dengan cerita dikala mereka harus bersaing dengan berbagai macam benda-benda yang hebat dan menarik untuk anak?” Sahabat pembaca yang baik hatinya, satu sisi perkembangan yang pesat tentang teknologi memang sangat menguntungkan, tapi disisi lain akan menimbulkan dampak yang negative disaat kurang tepat menggunakannya. Untuk masalah ini tentu sudah banyak kita ketahui.

Kembali ke pokok pembahasan kita tentang relevansi cerita untuk jaman sekarang ini. Ada sebuah jawaban sederhan untuk menjawab pertanyaan itu. Bagi seorang Muslim, sudah sebuah keharusan untuk megimani Al Qur’an, bahkan itu merupakan salah satu dari pada Rukun Iman. Nah, kalau kita beriman kepada Al Qur’an, tentu saja kita juga harus beriman dengan apa-apa saja yang ada dan terkandung di dalamnya bukan? Padahal menurut para ahli ada kurang lebih 300 ayat dalam Al Qur’an yang berisi kisah atau cerita. Pertanyaannya sekarang “Apakah Al Qur’an pernah kehilangan Relevansi dalam pendidikan atau dalam kehidupan ini?” Tentu saja semua sepakat untuk menjawab TIDAK. Karena memang Al Qur’an dari setelah diturunkan hingga saat ini merupakan Kitab Terbaik untuk mendidik dan Insya’Allah hingga akhir Jaman nantinya.

Nah, sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, jadi kesimpulannya mendidik dengan cerita akan sangat relevan ditengah perkembangan jaman/ teknologi saat ini. Terlebih jika kita menghayati tentang manfaat ataupun kekuatan dari bercerita itu sendiri (seperti di tulisan saya sebelumnya). Dan sebenarnya, teknologi yang ada saat ini jika kita mau kreatif, justru bisa kita manfaatkan dalam pendidikan melalui media cerita itu sendiri. Tetapi ada satu PR bagi kita yaitu bagaimana kita mengkreasiakan cerita-cerita yang kita gunakan untuk media pendidikan itu menjadi sesuatu yang lebih menarik dibandingkan dengan aneka benda-benda elektronik yang semakin canggih saat ini. Semoga bermanfaat.

Saya : 100% Kak Wall. Salam Ceria.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -