Posted by : Unknown Kamis, 19 September 2013

Assalamu’alaikum. Salam jumpa penuh cinta sahabat-sahabat pembaca semuanya. Dari lubuk hati yang paling dalam, sungguh sebuah rasa yang Luar Biasa tiap kali bisa menyapa sahabat pembaca semua dengan ketikan sederhana ini. (kok istilahnya gak enak ya? Kalo dahoeloe bisa lebih puitis dengan kata-kata “goresan pena” lha sekarang? Tapi ya sudahlah, memang jaman sudah berubah.hehehe) Meskipun terkadang tulisan tanpa makna, setidaknya cukup untuk sekedar menyapa sahabat pembaca semuanya.

Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya, hampir semua berisikan cerita, entah mayoritas maupun sekedar pengantar setiap judul tulisan saya. Dan tulisan ini pun juga ada ceritanya lho, yups, saya menceritakan tentang tulisan saya yang lalu yang berisi cerita-cerita. Hemmm…sudah saya sampaikan ditulisan saya sebelumnya bahwa cerita itu memang membuat obrolan ataupun diskusi atau juga tulisan menjadi lebih renyah dan enak didengar ataupun dibaca.

Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, ternyata manfaat cerita lebih dari sekedar itu saja. Karena ternyata, setelah dedaunan saya bolak balik, prasasti-prasasti saya pelajari, setiap sudut tembok saya cermati (haduh jadi berlebihan. Hehehe) ternyata manfaat cerita sangatlah banyak, terlebih jika kita bercerita dihadapan generasi masa depan (anak-anak maksudnya). Dan menurut para ahli pendidikan, bercerita kepada anak-anak memiliki beberapa fungsi yang amat penting, antara lain sebagai berikut :

1. Membangun kedekatan emosional antara pencerita dengan anak.
Nah, ini berlaku bukan hanya bagi satu kalangan tertentu, pendidik misalnya, tapi juga orang tua tentunya. Seorang pendidik / guru yang sering memberikan anak didiknya cerita-cerita tentu kehadirannya akan sangat dinanti-nantikan. Begitu juga orang tua, sering bercerita kepada anaknya, misal dongeng sebelum tidur, tentu akan membuat anak merasa sangat nyaman dengan orang tuanya.

2. Media untuk menyampaikan pesan moral atau agama.
Dalam setiap cerita, tentu ada hikmah yang bisa kita petik, jadi sangatlah mungkin jika cerita-cerita yang kita angkat kita masukkan pesan-pesan moral dan juga pelajaran-pelajaran agama.

3. Sebagai media pendidikan imajinasi.
Setiap kali kita mendengarkan cerita, biasanya kita akan membayangkan isi cerita itu, begitu juga anak-anak. Misalnya kita bercerita tentang “ ada seekor gajah yang berwarna Pink, memakai celana merah dan naik becak yang dikayuh oleh seekor kelinci dst”, tentu imajinasi kita secara sadar maupun tidak akan membayangkan hal itu.

4. Menyalurkan dan mengembangkan emosi.
Jika kita mendengarkan sebuah cerita, kemudian si pencerita bercerita dengan ekspresi senang, tertawa terbahak-bahak, tentu kita juga akan ikut larut dalam kondisi itu, begitu juga sebaliknya jika si pencerita menggambarkan sebuah kondisi yang menyedihkan, tentu kita juga akan terbawa dalam kondisi itu. Tentunya dengan syarat kita juga sungguh-sungguh dalam mendengarkan cerita itu.

5. Memabantu meniru tokoh teladan.
Semisal kita bercerita tentang Nabi Muhammad, tentu banyak keteladanan yang bisa ditiru atau juga tokoh-tokoh teladan yang lainnya.

6. Menambah pengalaman Batin.
Mendengarkan cerita tentu akan memperkaya pengalaman batin bagi si pendengar, selain sebagai media untuk belajar dari hikmah-hikmah cerita itu sendiri.

7. Sarana Hiburan.
Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa cerita bisa menjadi sarana hiburan bagi pendengarnya. Terlebih cerita bisa dikemas dalam berbagai macam bentuk, misal sinetron yang ada di televise, atau film, atau dongeng panggung bahkan dikemas dalam bentuk lagu-lagu, buku dan masih banyak yang lainnya.

8. Menambah minat baca.
Nah, kalo sudah senang dengan cerita, tentu akan membuat kita atau anak-anak semakin ingin mengetahui banyak cerita, nah dari situ, kita bisa memberikan untuk anak-anak kita atau adik-adik kita buku-buku cerita, sehingga bisa menambah minat baca untuk mereka.

9. Sarana membangun watak yang mulia.
Khusus yang ini kenapa?, apa? dan bagaimana bisa?, sudah saya samapikan dalam tulisan saya beberapa waktu yang lalu. (modus promo tulisan.hehehe)
Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, sedikit yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga ada manfaat yang bisa kita ambil.

Saya : 100% Kak Wall. Salam Semangat Bercerita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -