Posted by : Unknown Kamis, 03 Oktober 2013

Assalamu’alaikum, sahabat-sahabat pembaca yang baik haitinya, bagaimana kabar hari ini? Masih selalu semangat? Semoga tetap dan selalu serta senantiasa menjaga semangat dalam diri untuk terus mengoptimalkan segala anugerah potensi yang telah diberikan Allah untuk memakmurkan Bumi-Nya ini. Aamiin…

Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, kenapa saya menanyakan semangat? Yupz, sesuai judul di atas, yaitu tentang Ethos. Apa sih ethos itu? Yupz, ethos bisa diartikan sebagai Spirit atau semangat dan mentalitas yang mewujud menjadi seperangkat perilaku hidup yang khas dan unggul, seperti : rajin, semangat, teliti, tekun, kerja keras, ulet, bertanggung jawab, menghargai waktu, hemat, efisien dll.

Nah, bagaimana kita menanamkan ethos untuk anak-anak kita? Sudah sejauh apakah? Sebenarnya tulisan ini masih berkaitan erat dengan tulisan-tulisan saya sebelumnya, yaitu tentang Mendidik dengan Cerita. Nah, salah salah satu cara membentuk ethos atau mendidik dan menanamkan ethos pada anak yaitu dengan bercerita.

Di berbagai Negara, berkembang ethos yang sampai saat ini sangat terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia bahkan ketika istilah itu disebut, maka yang mendengar langsung dapat mengetahui Negara mana yang dimaksud. Sebagai contoh :

1. Ethos Panzer
Ethos ini mengajarkan Berpikir Ilmiah, Bertindak Rasional, Berdisiplin Tinggi, Rajin Tekun Bekerja Keras, Berorientasi Kepada Sukses Material, Tidak Umbar Kesenangan, Anti Pemborosan, Hemat Bersahaja, Menabung dan Investasi.

2. Ethos Ginseng
Ethos ini mengajarkan Rajin bekerja, Hemat, Menabung, Mandiri Berdikari, Kerjasama, Mengutamakan Pendidikan

3. Ethos Samurai
Untuk ini ada beberapa istilah, GI : Bersikap Benar dan Bertanggung Jawab, YU : Berani dan Ksatria, JIN : Murah Hati dan Mencintai, REI : Bersikap Santun dan Hormat, MAKOTO : Tulus dan Bersungguh-Sungguh, MELYO : Menjaga Martabat dan Kehormatan, CHUGO : Mengabdi dan Loyal.

Nah, itu tadi sahabat pembaca yang baik hatinya, berbagai contoh istilah ethos yang terbangun di berbagai Negara. Pertanyaannya ethos apa yang terbagun di negeri ini? Atau minimal ethos apa yang sudah kita tanamkan kepada anak-anak kita? Hemmm,,,mari kita jawab dalam diri kita masing-masing. Semoga ethos-ethos Qur’ani dan Nabawi yang sudah kita tanamkan dalan diri anak-anak kita, dan semoga terhindar dari ethos-ethos Syaithoni. Aamiin… Sekian, semoga Bermanfaat.

Saya : 100% Kak Wall. Salam Semangat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -