Posted by : Unknown Senin, 10 Maret 2014

Assalamu’alaikum sahabat pembaca yang baik hatinya. Hari ini saya akan berbagi sedikit cerita dongeng untuk sahabat semua. Selamat membaca.

“Suatu sore, di sebuah Taman pendidikan Al Qur’an yang terdapat di sebuah desa yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Taman pendidikan yang dibuat asri dengan mengutamakan suasana belajar seperti di alam terbuka, agar santri-santri lebih dekat dengan alam sekitarnya. Dengan saung-saung kecil beratapkan ijuk, mereka belajar setiap harinya. Beberapa saat sebelum waktu belajar tiba, semua santri telah siap dan tentunya sang Ustadzpun juga sudah datang. Di sana memang sangat diajarkan bagaimana harus disiplin waktu setiap harinya.

Ustadz Ahmad, itulah nama satu-satunya pengajar di TPQ itu. Beliau sudah banyak makan asam garam di dunia pendidikan TPQ. Nah sore itu, Ustadz Ahmad tidak mengajarkan santri-santrinya membaca, karena memang jadwalnya ternyata adalah pelajaran yang lain.

Ustad Ahmad : “Assalamu’alaiku wa rahmatullahi wa barakaatuh”

Santri : “Wa’alaikumusalam wa rahmatullahi wa barakaatuuh”

Ustadz Ahmad : “Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang kitab suci kita, apa nama kitab suci kita?”

Santri : “Al Qur’an…” (Santri-santripun serentak menjawab)

Ustad Ahmad : “Baik, ternyata kitab suci kita Al Qur’an itu banyaaaakkk sekali keistimewaannya lho. Hayo siapa yang tahu angkat tangan!”

Santri : “Al Qur’an hebat, Al Qur’an gak ada tangdingannya,,,Al Qur’an….” (saling bersahut santri satu dengan yang lainnya)

Ustad Ahmad : “bagus sekali. Nah, ustadz mulai dari yang pertama. Al Qur’an itu adalah wahyu Allah. Coba kamu Ihsan dibaca surah Al Haqqah ayat 40-41!”

Ihsan : “baik ustadz. Sesungguhnya Al Qur’an itu adalah benar-benar wahyu (Allah yang diturunkan kepada) Rasul yang mulia. Dan Al Qur’an bukanlah perkataan seorang penyair. Sedikit sekali kamu beriman kepadanya.”

Ustazd Ahmad : “Benarkan anak-anak? Al Qur’an itu buatan Allah yang disampaikan ke Rasul Muhammad melalui Malaikat Jibril. Baik, yang ke dua sekarang. Al Qur’an petunjuk bagi manusia. Sekarang Aisy baca Surah Ali Imran ayat 138 coba!”

Aisy :”(Al Qur’an) ini adalah penerang bagi seluruh manusia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Ustadz Ahmad :”Nah, kalau kita tidak mau tersesat, kita harus banyak-banyak belajar Al Qur’an. Yang ke tiga, Pemisah yang salah dan yang benar. Giliranmu Andi membaca surah Ath Thariq ayat 13″

Andi :”Yang depannya Sesunggunya Al Qur’an ini kan tadz?”

Ustazd Ahmad : “Iya betul, coba…”

Andi : “Sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang haq dan yang batil.”

Ustazd Ahmad :”Nah, itu perkataan Allah yang membuktikan kalau Al Qur’an itu adalah pemisah yang benar dan yang salah. Baik, sudah berapa tadi keistimewaan Al Qur’an? Coba sebutkan!”

Santri : “Wahyu Allah…. Petunjuk bagi umat manusia… Pemisah yang benar dan salah…”

Ustaz Ahmad : “Nah, hari ini kita belajar 3 dulu, besuk hari Kamis kita lanjutkan kembali. Siap?”

Santri :”Siaaap Ustadz...”

karena waktu sudah menunjukkan hampir menjelang shalat Maghrib, Ustad Ahmadpun mengakhiri kegiatan TPQ sore itu. Nah, ceritanya akan kita lanjutkan kembali esok. Insya’ Allah…”

Baik sahabat, semoga belum puas dengan cerita di atas, karena kita akan sambung kembali. Insya’ Allah…


Saya : 100% Kak Wall

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -