Posted by : Unknown Kamis, 22 Agustus 2013

Assalamu’alaikum. Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, saya teringat sebuah pesan seorang guru saya bahwa “pembinaan yang baik itu harus menyeluruh, bukan cuma pembinaan masalah ilmu agamanya (ngaji) saja tapi juga yang lainnya, termasuk pembinaan kekuatan jasadiyah (fisik) dan juga kekuatan ruh (jiwa/mental). Nah itu nanti akan terbentuk yang namanya karakter yang baik.”
Kalau kita pikir-pikir, memang benar juga. Coba kita analisis misal kalo kita mau dakwah tiga komponen itu tidak ada salah satu :
1. Ilmu + Fisik – Mental = malas, kurang berani / penakut, tidak tegas dalam bahasa German “Ingah-ingih) dll.
2. Ilmu + Mental – Fisik = lemes, kurang tahan banting, dikit2 masuk angin. Hehe
3. Mental + Fisik – Ilmu = kadang ngawur, salah-salah malah menjerumuskan.
Yang kesemuanya intinya adalah ketidak maksimalan dalam melakukan aktivitas dakwah tersebut.

Sebenarnya tidak hanya dalam hal berdakwah saja, dalam keseharianpun hal-hal itu sangat diperlukan, misal dalam menyelesaikan masalah atau bagi sahabat-sahabat yang sudah berniat melamar anak orang tentu 3 hal itu sangat penting. Sudah jadi sesuatu yang lumrah ketika calon mertua melihat seberapa jauh ilmu (agama) kita yang tentunya biar bisa memimpin bahtera rumah tangga nantinya. Kemudian fisik, bukan soal ganteng ato tidaknya (sedikit curhat, saya bukan termasuk golongan orang yang ganteng. Tapi ganteng banget) tapi lebih kepada ke kesehatannya, siapa tahu keliatannya gagah tapi punya tato model polkadot alias panu rata…hahaha nah, yang tidak kalah menentukan adalah mental, coba kalo ngomongnya di depan calon mertua “emmm emmmaaaa emmmaaa aaappp paakk,, eeee,, eee, eee maaksud kkedatangan essssaaaa,, eee saayaaa… DUUORRR” bisa-bisa udah ditolak sebelum nglamar. Lhoh,, kok malah jadi bahas soal nglamar yak?

Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, balik lagi ke tema, yang paling ideal itu tentunya yang berilmu banyak, fisiknya sehat dan mentalnya juga kuat. Tapi tentunya butuh usaha dan proses yang tidak instan untuk mendapatkan yang seperti itu. So, sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, mari kita semakin bersemangat dalam kita berusaha mendapatkan ketiga hal tersebut agar kita semakin siap untuk memperjuangkan jalan Islam yang kita ikuti. Insya’ Allah…

Saya : 100% Kak Wall. Salam Semangat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -