Posted by : Unknown Senin, 05 Agustus 2013

Sahabat-sahabat yang baik hatinya, setiap daerah pasti punya kebudayaan masing-masing. Dan setiap kebudayaan itu pasti memmpunyai keunikan tersendiri termasuk budaya di Tanah Jawa ini. Nah, kali ini saya akan mencoba menulis tentang budaya di lingkungan saya terkhusus dalam istilah-istilah. Dan saya mulai dengan istilah berikut ini :

1. Witing Trena Jalaran Saka Kulina
Ada bahasa Inggrisnya juga lho “Waiting Tresn because Cool In Ten” hehehe (just kidding).
Setiap kita memulai aktivitas yang baru dalam hidup kita, tak jarang kita merasa kurang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tak terkecuali dalam kita menjalankan ketaatan kita kepada Allah. Ada bahkan banyak perintah-perintah ataupun larangan-larangan Allah yang tidak mudah kita lakukan karena kita merasa berat. Namun, bagaimanapun perintah dan larangan Allah harus kita taati bukan? So, sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, bagaimana kita menumbuhkan kecintaan kita terhadap perintah dan larangan Allah? Yupz, tentu saja dengan membiasakan itu bukan?

2. Wong nandur bakale ngunduh
Dalam bahasa Indonesia, siapa yang menanam dia akan menuai. Nah yang satu ini tentu sudah menjadi fitrah, bagi siapa saja yang melakukan perbuatan, tentu akan mendapat balasan. Dan yang kita yakini, balasan tidak hanya semata-mata di dunia saja, namun bisa juga kita dapatkan di akherat.
Naaa, ada Firman Allah juga di sini “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri,……”(QS. Al Isra : 7)

3. Aja dumeh
Istilah ini mengajarkan kita agar jangan berlaku sombong dan angkuh, dan tentunya sikap ini adalah sikap yang harus kita hidari bukan? Dalam bahasa yang lebih akrab kita dengar dengan istilah “Jangan Sok”. Apa juga sih yang bisa kita sombongkan?
Firman Allah "Dan janganlah kamu memalingkan wajahmu dari manusia dan berjalan di muka bumi in dengan angkuh. Sesungguhnya Alloh SWT tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri" (QS. Luqman:18)
 
Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, itu dulu aja ya istilah yang kita bahas kali ini? Semoga lain kali bisa kita lanjutkan dengan istilah-istilah yang lain, yang ternyata Allah sudah lebih dulu menyampaikannya dalam Qur’an.. Hemmm…

Saya : 100% Kak Wall. Salam Islami dan Berbudaya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -