Posted by : Unknown Senin, 01 Juli 2013

Assalamu’alaikum. Sahabat-sahabat pembaca yang Insya’ Allah dirahmati Allah, dalam menjalani hidup tidak jarang kita mengalami pasang surutnya iman dalam diri kita, karena sudah menjadi fitrah manusia bahwa iman dalam dirinya akan naik dan turun, naik dikala senantiasa menjalankan keta’atan kepada Allah SWT, dan turun dikala mengerjakan kemaksiatan. Dan dikala iman dalam hati kita naik, maka sudah seharusnya kita mempertahankan itu, sebaliknya, dikala iman kita menurun, maka sudah sepantasnya juga segera kembali memupuk iman itu agar jangan sampai terpuruk.Petunjuk/hidayah dari Allah adalah hal yang sangat utama untuk senantiasa membuat iman kita semakin baik. Karena dengan hidayah itulah kita akan tau arah mana yang harus kita tempuh untuk senantiasa meningkatkan keimanan kita kepada Rabb semesta alam.

Sahabat-sahabat pembaca yang baik hatinya, berikut saya tuliskan 6 kiat untuk menggapai hidayah dari Allah SWT :
1. Do’a
Kita sadari atau tidak, disetiap hari kita sebenarnya telah memohon hidayah kepada Allah, ketika kita menjalankan shalah 5 waktu, maka dalam sehari kita telah memohon hidayah sebanyak 17 kali. “Ihdinashshiraathalmustaqim” Tunjukilah kami jalan yang lurus. Namun, amatlah baik jika selain dalam shalat itu kita juga berdo’a sebanyak-banyaknya untuk memohon hidayah.
Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” Begitu firman Allah dalam QS Al Mukmin : 60.

2. Sungguh-sungguh /Mujahadah
Man Jadda Wa Jada, sebuah ungkapan yang sering terdengar dalam kehidupan kita. Sepenggal mantra sakti yang memiliki makna yang kuat dan mampu memberikan semangat dalam kehidupan kita. “Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”, begitulah arti ungkapan Arab ini. Begitu juga seharusnya yang kita lakukan dalam menggapai hidayah dari Allah, senantiasa bersungguh-sungguh dalam berusaha dan berdo’a, sehingga Allah juga akan memandang kita sebagai hamba yang pantas untuk selalu diberikan atas hidayah-hidayah-Nya.

3. Melazimi membaca Al Qur’an
Dalam riwayat dikatakan “Barang siapa membaca 10 ayat Al Qur’an setiap hari, maka ia tidak termasuk orang yang melupakan Al Qur’an dan jika membaca 100 ayat setiap hari, maka ia termasuk orang yang taat dan jika ian membaca 1000 ayat setiap hari, maka ia termasuk orang yang dermawan.
Jadi, mari kita perbanyak dalam kita membaca kitab Allah di keseharian kita, kalo bukan kita yang membacanya siapa lagi?

4. Mencari teman yang baik
Sering kita dengar riwayat berikut ini,
Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628). Teman akan mempengaruhi usaha kita dalam menggapai hidayah Allah. Teman yang baik akan selalu mendukung dan membantu kita untuk senantiasa dekat kepada Allah, sebaliknya teman yang tidak baik bisa jadi akan membuat kita terpengaruh dan jauh dari hidayah-Nya.

5. Mencari Ilmu Dien
Orang yang senantiasa paham ilmu agama tentunya akan jauh berbeda dengan orang yang tidak mengetahuinya. “Adakah sama orang-orang yang tahu dengan orang yang tidak mengetahui?” QS Az Zumar : 9. Dalam sebuah riwayat juga dikatakan “Barang siapa dikehendaki baik oleh Allah, maka akan dikaruniakan kepahaman agama.” Maka,mari kita mencari ilmu sebanyak mungkin agar semakin mendekatkan kita kepada HidayahNya.

6. Mengamalkan Ilmu
Apakah cukup mencari ilmu saja? Tentu tidak. Ilmu yang sudah kita dapat layaklah kita amalkan semaksimal semampu kita sehingga semoga menjadi penyebab turunnya hidayah untuk kita.

Sahabat pembaca yang baik haitinya, Hidayah adalah sesuatu yang penuh misteri kedatangannya, namun, yang menjadi kewajiban bagi kita adalah mengupayakan bagaimana hidayah itu bisa diberikan untuk kita dan tentunya dengan senantiasa melakukan hal-hal yang mendekatkan kita kepada hidayah Allah. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang senantiasa mendapat hidayah dari Allah SWT. Amiin…
 
Saya : 100% Kak Wall, Salam.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 100% Kak Wall -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -